Skip to content


Sarana Prasarana

GEDUNG PERKULIAHAN dan ADMINISTRASI

Program Studi Sistem Komputer saat ini menempati Gedung Kuliah Bersama Fakultas Teknik UNDIP berlantai 3 yang digunakan untuk Delapan ruang kuliah (ruang ber AC dan LCD Projector), Empat ruang laboratorium, satu ruang administrasi, satu ruang ketua jurusan, 12 Ruang dosen, dua  perpustakaan (universitas dan fakultas), satu ruang baca, ruang seminar dan ruang rapat, ruang untuk kegiatan Himpunan Mahasiswa dan Musholla.

Pembangunan Gedung Kuliah mandiri Program Studi Sistem Komputer Undip direncanakan dalam RTBL dibangun Tiga Lantai dengan Lokasi bersebelahan dengan Gedung Jurusan Teknik Elektro  pada Tahun 2015 -2016 .

Rencana Pengembangan Kampus Sistem Komputer Undip telah disiapkan Fakultas Teknik : Gambar Desain Tampak Muka, Desain Tampak Belakang Rencana Gedung Sistem Komputer Undip menempati Lokasi Antara Gedung Jurusan Teknik Elektro dan Gedung Jurusan Teknik Mesin, berhadapan dengan Fakultas Sains dan Matematika Undip.

DOKUMEN RTBL Sistem Komputer Fakultas Teknik Undip.

LABORATORIUM

Laboratorium digunakan untuk menunjang aktifitas akademik praktikum mahasiswa, tugas akhir mahasiswa, penelitian dosen, penelitian mahasiswa dan penelitian kerjasama dengan pihak luar. Laboratorium tersebut, yaitu :

  1. Laboratorium Jaringan dan Keamanan Komputer
  2. Laboratorium Perangkat Lunak dan Perangkat Bergerak
  3. Laboratorium Sistem Embedded dan Robotik  
  4. Laboratorium Multimedia

Masing-masing laboratorium, dikelola oleh seorang dosen sebagai koordinator Laboratorium dan seorang dosen sebagai sekretaris, beberapa mahasiswa sebagai assisten dan seorang karyawan sebagai Laboran.

RUANG BACA

 Prodi Siskom memberikan ruangan untuk mahasiswa dapat membaca literatur, referensi teks book (hardcopy) dapat meminjam di ruang baca yang telah disediakan, sekitar 300 buku disiapkan, dan terus ditambah tiap tahunnya. Selain buku buku hardcopy, disediakan pula akses untuk ebooks dan jurnal online yang dilanggan. Ruangan cukup dengan akses wifi tersedia cukup. Karya Karya skripsi dan laporan kerja praktek disimpan juga di ruang baca untuk dapat dibaca di ruang baca. akses online ruang baca di http://lib-siskom.undip.ac.id selain aplikasi lokal yang disediakan.

AKSES JURNAL ONLINE

Sistem Komputer memiliki langganan Jurnal Online yang dilanggan oleh Undip Layanan dapat diakses di tautan berikut ini : Jurnal

LAN & INTERNET

Program Studi Sistem Komputer terhunung ke jaringan SIFT (Sistem Informasi Fakultas Teknik) yang tersambung dengan jaringan fiber optik ke Universitas Diponegoro. LAN di Sistem Komputer tersambung dengan komputer yang digunakan oleh dosen dan mahasiswa untuk kebutuhannya dan akses internet  melalui layanan fiber optik dengan Bandwidth berkecepatan 300Mbps. Hotspot layanan Intranet dan Internet selama 24 jam tiap hari.

APLIKASI SISTEM INFORMASI

  1. SISTEM INFORMASI AKADEMIS (SIA)SIA yang berbasis WEB telah diterapkan di lingkungan Sistem Komputer, dengan SIA, mahasiswa dapat mengakses informasi akademis dan informasi lain melalui jaringan LAN dan Internet.  Pengisian KRS dilakukan secara online (LAN) dan komunikasi dosen dan mahasiswa dapat dilakukan melalui email LAN maupun internet.  Pada akhir ujian semester, nilai ujian dikirimkan  melalui sms.
  2. SISTEM INFORMASI KEUANGAN (RBA DAN RSA, LOKAL)Sistem Informasi Keuangan baik Rencana Bisnis Anggaran maupun penyerapan telah dibuat dan digunakan sejak Tahun 2012  yang berbasis WEB telah diterapkan di lingkungan Sistem Komputer, Aplikasi sistem informasi keuangan maka Fakultas Teknik dapat memasukkan, mengendalikan dan memonitor Anggaran dan penyerapan anggaran melalui jaringan LAN dan WAN/Internet.
  3. SISTEM INFORMASI ALUMNI, Aplikasi sistem informasi yang dibuat untuk menjembatani alumni, almamater dengan pengguna lulusan, diharapkan dari aplikasi ini dapat di track pengguna lulusan dan masa tunggu serta salary yang didapatkan para alumni. Informasi tersebut sangat berharga bagi program studi dalam menentukan langkah langkah perbaikan / peningkatan program studi.
  4. SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIANSistem Informasi Kepegawaian Memberikan akses kepada dosen untuk mengupdate data data terkait penelitian dan pengabdian serta penghargaan yang diperoleh, data data berupa SK dan Kepangkatan tetap dilakukan oleh Fakultas untuk menghindari kesalahan pengisian.
  5. APLIKASI KULIAH ONLINE, digunakan untuk media pembelajaran menggunakan media internet, baik unggah buku ajar (file) penilaian diskusi dsb
  6. SISTEM INFORMASI / APLIKASI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS, Aplikasi perpustakaan memudahkan mahasiswa dalam mencari sumber literatur yang dimiliki oleh Fakultas dan Universitas. Menggunakan aplikasi ini akan memudahkan pula manajemen dalam memonitor penggunaan perpustakaan dan kewajiban yang harus dipenuhi mahasiswa dalam peminjaman buku.
  7. SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN FAKULTAS TEKNIK Aplikasi perpustakaan memudahkan mahasiswa dalam mencari sumber literatur yang dimiliki oleh Fakultas dan Universitas. Menggunakan aplikasi ini akan memudahkan pula manajemen dalam memonitor penggunaan perpustakaan dan kewajiban yang harus dipenuhi mahasiswa dalam peminjaman buku.
  8. APLIKASI RUANG BACA PROGRAM STUDIAplikasi Ruang Baca Prodi memudahkan mahasiswa dalam mencari sumber literatur yang dimiliki oleh Prodi baik karya ilmiah yang telah dihasilkan atau teksbook yang dimiliki. Menggunakan aplikasi ini akan memudahkan pula manajemen dalam memonitor penggunaan perpustakaan dan kewajiban yang harus dipenuhi mahasiswa dalam peminjaman buku pada Program Studi Sistem Komputer
  9. SISTEM INFORMASI LABORATORIUM, aplikasi laboratorium digunakan kedepannya adalah untuk menginventarisir peralatan laboratorium, membagi jadwal penggunaan laboratorium, dan memberikan informasi / layanan yang dapat diinisiasi baik utk kepentingan internal maupun layanan kepada masyarakat luas.
  10. SISTEM INFORMASI KONFERENSI, Aplikasi yang digunakan untuk memudahkan jurusan / prodi untuk membantu dalam pelaksanaan Konferensi baik di tingkat nasional maupun internasional.
  11. APLIKASI JURNAL S1 PROGRAM STUDI SISTEM KOMPUTER, memenuhi kewajiban tiap prodi melalui SK Dirjen Dikti no 152 E / T / 2012, ISSN: 2338-0403 (online) untuk menampung Karya Ilmiah yang dihasilkan Mahasiswa Sistem Komputer Undip
  12. JURNAL SISTEM KOMPUTER ISSN: 2087-4685 (printed) EISSN: 2252-3456 (online) untuk Dosen dan Umum untuk mendesiminasikan secara online dan hardcopy publikasi hasil penelitian yang telah dilakukan.
  13. SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN ULANG, Aplikasi pendaftaran ulang baik mahasiswa baru maupun mahasiswa lama
  14. SISTEM INFORMASI EKSEKUTIF, Aplikasi yang digunakan oleh pimpinan prodi, Fakultas maupun universitas untuk memantau besaran IP rata rata mahasiswa, mahasiswa DO/Rawan DO, tingkat kelulusan mahasiswa, monitoring keuangan, kepegawaian dsb. Kedepannya aplikasi ini akan dikembangkan untuk mendukung pimpinan dalam memutuskan sesuatu / decission support system
  15. SISTEM INFORMASI KEUANGAN (HOST TO HOST), aplikasi yang digunakan untuk membuat kemudahan bagi orang tua mahasiswa dalam pembayaran SPP melalui kerjasama dengan empat bank terkemuka di Indonesia, BNI, Mandiri, BTN dan BRI melalui kanal kanal pembayaran baik teller, ATM, SMS Banking maupun internet banking.
  16. APLIKASI PENGIRIMAN UNDANGAN VIA SMS BROADCAST, aplikasi yang digunakan untuk mengirim undangan rapat, informasi dsb melalui satu portal host, baik secara LAN maupun WAN / internet

BUKU ELEKTRONIK

SOFTWARE / PERANGKAT LUNAK

Perangkat lunak yang disiapkan untuk mendukung proses pembelajaran dan backoffice program studi:

  1. Opensource
  2. Kerjasama dengan Pihak Industri Software/hardware : Oracle,