Skip to content


Sejarah Program Studi / Departemen

Perkembangan dunia teknologi dan ilmu pengetahuan yang semakin canggih semakin membuka peluang bagi pelajar saat ini untuk memilih jenjang pendidikan sesuai dengan minat dan bakat yang mereka miliki. Demikian pula dengan jenjang karier yang akan ditempuh, hal inilah yang mendorong Universitas Diponegoro untuk membuka sebuah program Studi baru yaitu Sistem Komputer di Fakultas Teknik.

Tahun 2006 Fakultas Teknik Membentuk Tim Penyusun Pembukaan Program Studi Sistem Komputer dengan Tim Pengarah Prof. Ir. Joetata Hadihardaja, Dekan FT Ir. Hj. Sri Eko Wahyuni, MS, PD 1 Ir.  H. Bambang Pudjianto, MT, PD2 Ir.  Hj. Nany Yuliastuti, MSP., PD 3 Ir.  Syafrudin, CES, MT dan PD 4 Ir.  H. Bambang Purwanggono, M. Eng, Ir. Sudjadi,  MT (Teknik Elektro).

Program Studi Sistem Komputer ini dibangun dari Kurikulum  Jurusan Teknik Elektro Undip konsentrasi  Komputer dan Informatika  (yang telah memiliki Akreditasi A) diintegrasikan dengan kesepakatan Asosiasi serta Peraturan Mendiknas.

Ketua Tim Dr. Istadi, ST, MT (Teknik Kimia), Sekretaris Adian Fatchur. R, ST, MT (Teknik Elektro) dengan Anggota Ir. Kodrat IS, MT (Teknik Elektro), MT, Dr. Yoga (Jurusan Mesin) dan  Zaenal Fanani, ST, MT (Teknik Industri). Tim bekerja mulai September 2007.

Hasil kerja Tim membuahkan hasil dengan diterbitkannya ijin pembukaan Program Studi Sistem Komputer Fakultas Teknik Universitas Diponegoro pada tahun 2008  melalui surat pengesahan ijin Dirjen Dikti no. 2782/D/T/2008 pada tanggal 22 Agustus 2008 dan dengan Ketua Program Studi pertama Dr. Ir. Hermawan serta Sekretaris Program Studi Ir. Kodrat Iman Satoto, MT,  mulai menerima Angkatan pertama Program Studi Sistem Komputer thn 2008 dengan jumlah mahasiswa 45 orang.

Bulan Nopember  2012 Estafet kepemimpinan  Program Studi Sistem Komputer, dengan  Ketua Program Studi Ir. Kodrat Iman Satoto, MT dengan Sekretaris Program Studi Adian Fatchur Rochim, MT.

Mahasiswa Sistem Komputer Undip mendapatkan Medali Emas pertama pada PIMNAS 2013 diketuai oleh Muhammad Yusuf Efendi dan dimotori oleh Budi Setyawan angkatn 2009 yg sebelumnya di 2012 mendapat Juara Favorit.

Program Studi Sistem Komputer mendapatkan Akreditasi yang pertama “B” dari BAN PT (2013).

Program Studi Sistem Komputer Fakultas Teknik Undip dinaikkan statusnya menjadi Departemen Teknik Sistem Komputer dengan satu Program Studi Sistem Komputer, berdasarkan SK. Rektor Undip nomor: 1122/UN7.P/HK/2016 tertanggal 20 September 2016.

Ketua dan Sekretaris Departemen Teknik Sistem Komputer Fakultas Teknik Undip yaitu: Dr. Ir. R. Rizal Isnanto., MM., MT dan Agung Budi Prasetijo, ST, MIT, PhD.