Skip to content


Pembekalan Mahasiswa Tugas Akhir Siskom 2016

Semarang – Program Studi Sistem Komputer Undip (Siskom) mengadakan kegiatan pembekalan tugas akhir bagi mahasiswa Siskom yang akan/sedang melaksanakan penelitian tugas akhir. Pembekalan ini diselenggarakan pada hari Jum’at, 26 Agustus 2016 di GKB R.201-202 dan diikuti oleh 130-an mahasiswa yang mengambil mata kuliah TKC238 Tugas Akhir di semester ganjil TA 2016/2017.

Pembekalan bertujuan agar mahasiswa siap untuk melakukan penelitian tugas akhir, mampu menuangkan hasil penelitiannya ke laporan skripsi dan menuliskan artikel untuk publikasi di jurnal nasional. Kegiatan ini akan dilaksanakan secara kontinyu di semester berikutnya dan menjadi salah satu program Siskom.

Pembekalan kali ini diisi oleh dua dosen Siskom, yaitu Bapak Kurniawan Teguh Martono, ST, MT tentang Mendeley dan Bapak Eko Didik Widianto, ST, MT tentang publikasi artikel ilmiah. Materi berikutnya, antara lain panduan skripsi dan substansinya, akan disampaikan oleh dosen Siskom yang lain.

Bapak Teguh menyampaikan materi tentang penggunaan Mendeley untuk mengelola referensi dan teknik menyisipkan sitasi serta daftar referensi dalam penulisan skripsi dan makalah ilmiah. Mendeley menjadi alat bantu untuk menyisipkan sitasi dan membangkitkan daftar referensi yang konsisten sesuai style sitasi ke dalam dokumen. Mahasiswa diharapkan dapat menggunakan Mendeley ini saat menulis dokumen skripsi dan makalah ilmiah.

Bapak Didik menyampaikan materi tentang gaya selingkung Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer (JTSiskom) serta pedoman penulisan dan petunjuk mengunggah artikel ilmiah ke jurnal online nasional. JTSiskom menyediakan wadah bagi mahasiswa untuk mempublikasikan hasil penelitiannya dalam bentuk artikel ilmiah. Artikel yang masuk akan melewati proses penilaian substansinya. Mahasiswa diharapkan mampu menulis artikel sesuai kaidah ilmiah dan mengikuti format/gaya selingkung JTSiskom.

Semoga kegiatan ini dapat membawa manfaat bagi mahasiswa dan Siskom.

Posted in Akademik.