Skip to content


Ilmu Komputer Undip (Informatika Undip) mengadakan Seminar Keamanan Wireless

Semarang, Undip.ac.id .Dalam rangka Dies Natalis ke-6 Ilmu Komputer Undip, Selasa (13/4) diselenggarakan Seminar Wawasan bertajuk “Keamanan Internet Nirkabel” di gedung Prof Soedarto. Dalam kesempatan ini dibahas berbagai hal tentang keamanan internet, oleh pembicara dari Universitas Gajah Mada (UGM) Yogjakarta, Josua M Sinambela, CCNP,CCNA.

Dia mengatakan, bahwa teknologi nirkabel sudah umum digunakan sebagai infrastruktur dalam dunia komunikasi data, mulai dari perangkat telepon genggam(handphone), PDA, hingga laptop maupun netbook telah menyertakan perangkatnirkabelsebagai paket standarnya.

Berbicara di depan 300 orang peserta seminar, Josua mengatakan, mengenai komunikasi data tidak akan terlepas dari aspek keamanan pengirimannya. Tentunya kita tidak ingin bila data yang dikirim dicuri atau diubah oleh pihak ketiga, terutama informasi yang sifatnya rahasiamisalnya nomor kartu kredit, pin ATM, dll.

Karena itu untuk melengkapi pengetahuan mahasiswa maka kuliah wawasan kali ini akan mengangkat kajian mengenai keamanan teknologi nirkabel pada jaringan internet. Seperti yang kita ketahui bahwa internet merupakan interkoneksi berbagai jaringan komputer yang sangat banyak, meskipun awalnya terdapat berbagai platform yang berbeda-beda namun  kemudian disadari bahwa pembentukan standar bersama menjadi penting demi kenyamanan dan kemudahan dalam implementasi, pengembangan, maupun penggunaannya.

Dengan begitu siapapun dapat mempelajari, memahami, dan memanfaatkan standar-standar komunikasi pada jaringan internet. Hal ini disamping berdampak positif ternyata juga memunculkan dampak negatif, misalnya memudahkan hacker untuk mengenali dan menerapkan suatu serangan ataupun pencurian data.

Ketua Panitia Seminar, Panji Wisnu,MT mengatakan, melalui kuliah wawasan ini diharapkan mahasiswa dapat memperoleh informasi-informasi terbaru terutama untuk melihat kelebihan dan kekurangan komunikasi internet nirkabel serta strategi mengamankannya.

Kegiatan ini menurut Panji, bertujuan untuk meningkatkan wawasan mahasiswa tentang keamanan internet nirkabel. Meningkatkan motivasi belajar mahasiswa pada bidang keamanan jaringan nirkabel khususnya pada jaringan internet.Memberikan gambaran nyata keamanan internet nirkabel melalui
demo dan pembuktian langsung.

Selain itu agar para mahasiswa mampu Meningkatkan pemahaman mahasiswa pada mata kuliah jaringan komputer maupun keamanan jaringan serta mendukung
pengetahuan mahasiswa dalam merancang sistem informasi yang aman.Mampu meningkatkan minat mahasiswa dalam menimplementasikan ilmu yang diperoleh di bangku pendidikan ke masyarakat luas.

Posted in Beasiswa.