Skip to content


Departemen Teknik Komputer Menyelenggarakan Workshop Penulisan Naskah Artikel Ilmiah dan Tata Kelola Jurnal Bereputasi

Semarang, 6/11 – Departemen Teknik Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro sukses menyelenggarakan workshop Penulisan Naskah Artikel Ilmiah dan Tata Kelola Jurnal Bereputasi. Workshop ini bertujuan memberikan pemaparan dan pemahaman kepada peserta tentang standar naskah ilmiah yang baik, tentang proses pengiriman naskah dan revisinya melalui jurnal elektronik dan tentang standar tata kelola jurnal internasional bereputasi. 

Kegiatan workshop ini diselenggarakan oleh Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, Departemen Teknik Komputer dan didukung oleh Kemenristekdikti. Penyiapan dan pelaksanaan kegiatan dibantu oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Komputer (Himaskom Undip).

Workshop dibuka oleh Ketua Departemen Teknik Komputer, Dr. R. Rizal Isnanto, ST, MM, MT. Beliau memberikan arahan tentang pentingnya menulis bagi dosen dan/atau peneliti atau mahasiswa serta mengelola jurnal elektronik. Secara khusus, beliau memberikan selamat kepada Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer (JTSiskom) yang telah terakreditasi Kemenristekdikti Peringkat 2.

Kegiatan workshop menghadirkan Prof. Slamin, M. Comp.Sc., Ph.D.,AFTICA dari Universitas Jember, yang menyampaikan materi tentang penyiapan naskah dan penyuntingan artikel ilmiah di jurnal terakreditasi dan/atau internasional. Dalam paparannya, Prof. Slamin menyampaikan apa-apa yang perlu diperhatikan dan dibutuhkan oleh penulis dalam memilih jurnal yang dituju, mempersiapkan dan menulis naskah sesuai gaya selingkung dan standar subtansi jurnal. Prof. Slamin juga memberikan motivasi untuk tidak menyerah jika naskah yang dikirim ke jurnal ditolak oleh penyunting. Catatan dan saran reviewer dapat dijadikan bahan perbaikan naskah untuk dikirim ke jurnal lain.

Narasumber kedua adalah Dania Eridani, ST, M.Eng., salah satu editor di Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer dari Universitas Diponegoro, yang menyampaikan tentang proses pengiriman naskah, pelacakan status submisi dan pengiriman revisi naskah di jurnal berbasis OJS. Dania menyampaikan bahwa jurnal saat ini menggunakan sistem online penuh sehingga penulis harus memahami alur pengiriman dan pelacakan status submisi. Beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh penulis perlu diperhatikan, di antaranya adalah memastikan telah mempunyai role sebagai author saat registrasi ke jurnal, memahami ceklist sebelum mengunggah naskah, mengisi metadata artikel dan memperhatikan copyright jurnal.

Narasumber ketiga, Prof. Dr. Istadi, dari Universitas Diponegoro menyampaikan tentang strategi indeksasi jurnal di pengindeks internasional bereputasi. Prof. Istadi menyampaikan tentang kriteria indeksasi di pengindeks bereputasi, yang meliputi dari sebaran penulis, sebaran dan kualifikasi tim penyunting, dan citedness artikel yang terbit di jurnal. Prof. Istadi juga menyinggung tentang kriteria akreditasi jurnal nasional dan hal-hal yang perlu dipersiapkan oleh jurnal untuk maju akreditasi.

Dalam kegiatan ini kami mengundang peserta secara terbuka. Dari undangan tersebut, 200 orang mendaftar sebagai peserta dan yang melakukan konfirmasi sebanyak 150 orang. Peserta berasal dari berbagai institusi, dengan berbagai disiplin ilmu dan berbagai tugas baik sebagai dosen dan/atau pengelola jurnal.

Harapan kami semoga kegiatan workshop ini dapat bermanfaat bagi semua.

Posted in Jurnal, Kerjasama, Pengabdian Masyarakat.

Tagged with , , , , .